Meski Sedang Skripsi, Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini!

Posted by Unknown Maret 17, 2016 0 komentar

Kalau jadi mahasiswa semester tua (baca: atas), satu kata yang bakal menghantui kehidupan sehari-hari kamu barangkali cuma satu, skripsi. Yupst! Skripsi telah menjadi momok yang dilengkapi dengan mitos-mitos yang turun-temurun untuk para mahasiswa. Serius mengerjakan skripsi dan menjadikannya hanya satu-satunya fokus  dalam hidup kamu saat ini, memang bagus dan baik, akan tetapi jangan sampai beberapa hal berikut ini kamu lupakan. Soalnya, skripsi itu ibarat gembok dan gelar sarjana adalah kuncinya. Kalau beberapa hal ini kamu lupakan juga, dijamin setelah melepas toga kelulusan, kamu akan kebingungan.
1. Tetap menjalin komunikasi
Saat predikat semester tua disandang, secara otomatis sudah tidak disibukkan lagi dengan urusan perkuliahan. Padahal, saat kuliah hal yang paling mengasyikkan adalah bertemu dengan teman-teman sejurusan. Nah, meski sedang gencar-gencarnya skripsi, kamu jangan sampai lupa atau bahkan sengaja untuk tidak menghubungi teman-teman kamu yang senasib-seperjuangan. Sediakan waktu untuk kumpul bersama dengan mereka. Bercerita tentang keluh-kesah. Atau boleh juga sesekali nostalgia jaman-jaman masih kuliah. 
2. Mencari target pendamping wisuda
Salah satu bagian terpenting dari sistematika skripsi adalah lembar persembahan. Terlalu mainstream kalau lembar persembahan buat itu-itu saja, cari yang beda dong. Nah, yang tak kalah penting untuk segera dipersipkan adalah pendamping wisuda. Masa mau wisuda tidak ada satu pun orang yang bias dijadikan gandengan? Kan mau skripsi kamu masterpiece-nya kayak apa, IPK kamu paling tinggi se-universitas, tetap saja rasa hampa, sepi
3. Mencari info lowongan kerja
Berdasarkan survai di lapangan (kos-kosan), hari efektif mengerjakan skripsi, mahasiswa menghabiskan dua hari dalam seminggu. Sisanya? Galau. Ngomongin dosen. Refresing. Dan melakukan hal-hal tetek bengek lainnya. Nah, di waktu senggang yang lumayan banyak, cobalah untuk mencari informasi terkait lowongan kerja. Hal ini perlu sekali dilakukan sebagai persiapan. Jadi setelah lulus, kamu tidak luntang-luntung mencari koran. Persiapkan mulai dari sekarang!
4. Tetap menabung
Guys, serius. Menabung adalah ajaran adiluhung yang sudah semestinya menjadi kebiasaan para mahasiswa, apalagi mahasiswa semester tua kayak kamu. Pasalnya, kebutuhan setelah skripsi selesai ditulis itu seabrek-abrek. Bayar kelulusanlah, pinjem toga, bayar sewa rias, bikin baju kelulusan, makan-makan, dan masih banyak lagi. Pokoknya, siapkan budget yang buanyak!
5. Menyusun prioritas kembali 

Di sela-sela menyusun skripsi, jangan lupa juga untuk menyusun kembali skala prioritas. Soalnya, miskin perencanaan akan membuat kalian kesulitan di kemudian hari. Tentukan dari sekarang, setelah skripsi dan lulus, apa yang akan kalian lakukan. Menikah, tidak apa-apa asal sudah ada calonnya. Lanjut S2, itu lebih baik (kejarlah ilmu sampai  ke Negeri Cina, kalau perlu). Atau bias langsung kerja. Apa saja boleh, asal jangan galau di rumah terus meratapi diri jadi sarjana yang bingung mau mengerjakan apa?
6. Siapkan revolusi mental

Usai skripsi dan lulus, dunia nyata akan kamu datangi. Dan yang perlu kamu ketahui, dunia nyata dengan dunia kuliah itu sangat berbeda. Siapkan tenaga, pikiran, dan kesiapan mental baik lahir maupun batin untuk menyongsong dunia baru di depan kamu. Melangkahlah dengan penuh percaya diri. Katakan kepada dunia, bahwa kamu BISA!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Meski Sedang Skripsi, Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini!
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://mantrabaca.blogspot.com/2016/03/meski-sedang-skripsi-jangan-lupakan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Jumlah Tamu

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of MANTRA BACA .