Yang Keren yang 4B

Posted by Unknown Agustus 28, 2014 0 komentar

       Woy kalian! Yang ngakunya anak muda, Masih sering galau? Masih sibuk ngeselfie di mana-mana? Masih betah mantengin facebook, twitter, ama games berjam-jam? Atau masih ngelakuin hal-hal nggak mutu yang bisa merusak diri seperti nge-drugs, tawuran, bolos sekolah atau kuliah? Kalau kalian jawab iya. Plis, baca tulisan yang satu ini.
            Enam puluh sembilan tahun Republik Indonesia merdeka. Kalau kalian “anak-mudanya” masih bingung ngejawab pertanyaan seperti, “Loe bisa ngelakuin apa sih?” berarti kalian masih belum bebas. Pikiran kalian masih terjajah. Kalau begitu keadaannya, kayaknya kalian perlu belajar banyak dengan Soe Hok Gie, satu dari sedikit anak muda Indonesia yang menginspirasi. Tidak perlu sama persis seperti sosoknya, kalian cukup belajar dan meniru apa yang telah Gie lakukan untuk dirinya, keluarga, bahkan Negara tercinta ini, seperti:
            Bermimpi : Anak muda yang nggak punya mimpi itu cupu banget! Jutaan mimpi ada di dunia ini dan kalian bebas milih. Mau jadi dokter agar bisa menyembuhkan penyakit, bisa. Mau menjadi guru untuk mencerdaskan bangsa, boleh banget. Mau jadi penulis seperti Andrea Hirata atau menjadi penyanyi go internasional seperti Agnes Mo, nggak ada yang larang. Semua sah-sah saja, apalagi buat kalian yang masih muda. Waktu, tenaga, dan kesempatan masih terbuka lebar. Hanya tinggal bagaimana kalian mewujudkannya.
            Belajar:  Gie memiliki pemikiran yang jauh ke depan dibandingkan dengan teman-temannya. Ia pintar dan selalu berprestasi di sekolah. Rahasia Gie cuma satu. Ia tahu betul kewajibannya untuk belajar. Gie memanfaatkan fasilitas seperti perpustakaan untuk meminjam buku. Dari bukulah ia memiliki pengetahuan-pengetahuan untuk mengkritik dan memprotes pemerintah Orde Lama yang melakukan penyelewengan dan ketidakadilan.
            Bertualang: Semasa kuliah, Gie aktif dalam MAPALA- organisasi pencinta alam. Yupps, sama seperti Gie nggak ada salahnya  kalau kalian memanfaatkan waktu yang ada untuk menjelalah Nusantara. Mendaki Mahameru, menyelami Raja Ampat, belajar kesahajaan suku Badui,  dan mengagumi kemegahan Borobudur. Lalu rasakan apa yang terjadi. Kalian pasti bangga dilahirkan di tanah yang indah ini.
            Berkarya: Biarpun Gie masih muda, karyanya bejibun. Ada bukunya yang fenomenal Catatan Seorang Demonstran, tulisan-tulisannya banyak bersebaran di media massa, plus puisi-puisi yang dia tulis sampai sekarang masih dibaca oleh banyak orang. Yupp, kalau kalian mau seperti Gie yang dikenang sepanjang masa. Kuncinya satu kalian harus berkarya dan menghasilkan karya. Karya yang dihasilkan tidak perlu muluk-muluk, cukup berkarya dengan apapun yang kalian suka. Pak Habibie bisa bikin pesawat juga karena suka. So, mulailah berkarya dan jangan malu untuk menunjukkan karya kalian di hadapan dunia dan berteriak, “Ini karya gue, mana karya loe?” Keren kan? Banget.
            Well, ngelakuin “4B” untuk jadi anak muda keren emang nggak mudah. Tetapi, apapun itu kalian harus percaya diri dan berani mencoba. Bung Karno pernah berkata, “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya kucabut Semeru dari akarnya. Berikan akau 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” Perkataan sang Proklamator Indonesia tentunya nggak main-main dan tugas kalian “anak muda” adalah membuktikannya.


    Tulisan ini diikutsertakan dalam Writing Contest #PatriotIsMe #Advan #DamnILoveIndonesia
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Yang Keren yang 4B
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://mantrabaca.blogspot.com/2014/08/yang-keren-yang-4b.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Jumlah Tamu

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of MANTRA BACA .